PRESS RELEASE SIDANG ISTIMEWA DPM FEM IPB II

“Produk Hukum LK FEM IPB” 

1421144395461

Selasa, 13 Januari 2015, DPM FEM IPB menyelenggarakan Sidang Istimewa yang membahas mengenai Produk Hukum LK FEM IPB. Produk hukum tersebut dibahas dalam empat agenda sidang, yaitu pembahasan AD/ART, pembahasan GBHK, pembahasan Tata Kerja, dan pembahasan SPPK FEM IPB. Sidang ini berlangsung di RK IKK 1.02 mulai pukul 17.00-selesai yang dipimpin oleh Muhammad Hafidh selaku ketua DPM FEM IPB 2014-2015. Sedangkan yang menjadi presidium adalah Adelia Oktarina dan Adli Dzil Ikram.

Palu diketuk tiga kali artinya sidang resmi dibuka.

Agenda sidang pertama, yaitu pembahasan AD/ART LK FEM IPB. Pansus pada produk hukum ini adalah Bahrul, Adli, Luthfa, Adelia, Andes, dan Mulya. AD/ART LK FEM IPB ditetapkan tanpa ada pembahasan dikarenakan tidak adanya perubahan AD/ART dari tahun lalu dan hanya diganti periodenya saja.

Kemudian dilanjutkan dengan agenda sidang kedua, yaitu pembahasan GBHK LK FEM IPB. Pansus pada produk hukum ini adalah Zay, Sonef, Daffa, Arifah, dan Yusi. Hal yang menjadi revisi dari GBHK tahun lalu adalah pada haluan kerja BEM FEM IPB. Saat ini, haluan kerja BEM FEM IPB dibuat lebih spesifik (per bidang yang ada di BEM FEM IPB), yaitu haluan kerja PPSDM, haluan kerja Sospol, haluan kerja BOS, dan haluan kerja MHE. Penentuan haluan kerja BEM FEM IPB ini berdasarkan atas apa yang telah dilakukan BEM FEM IPB dan harapan-harapan dari DPM FEM IPB dan mahasiswa FEM lainnya. Beberapa perubahan dan penambahan redaksi pada GBHK ini terletak pada pasal 6 dan pasal 7. Pada pasal 6 (2) poin C mengenai haluan kerja PPSDM ditambah redaksinya menjadi “Peningkatan kemampuan mahasiswa FEM di bidang leadership, entrerpreunership, komunikasi, kesusastraan dan manajerial.” Sedangkan pada pasal 7 (1) poin E mengenai haluan kerja HIMPRO ditambah redaksinya menjadi “Program kerja yang terintegrasi antar departemen, divisi atau biro.” Untuk pasal 7 (4) poin B, kata-kata anggota HIMPRO diganti menjadi pengurus HIMPRO. Bagaimana dengan haluan kerja Lembaga Struktural? LS FEM IPB sampai saat ini masih berada di bawah bidang PPSDM, khususnya PSDM. Sehingga, haluan kerja LS FEM IPB mengikuti haluan kerja PPSDM.

Sidang diskorsing hingga pukul 18.45 WIB.

Agenda sidang dilanjutkan dengan pembahasan Tata Kerja LK FEM IPB. Pansus pada produk  hukum ini adalah Faris, Abu, Rininta, Dewi, Ukhti, dan Meti. Hal yang menjadi revisi dari tahun lalu yaitu pada tugas dan wewenang biro internal dan rapat pimpinan DPM FEM IPB. Tugas dan wewenang biro internal DPM FEM IPB berada pada Bab II Pasal 5 (7) poin B diganti redaksinya menjadi “Menjalankan aktivitas pengarsipan, kesekertariatan, dan inventarisasi DPM FEM IPB” dengan menghilangkan media informasi dan komunikasi yang sudah menjadi program kerja DPM FEM IPB yang dipertanggungjawabkan oleh Komisi 4 DPM FEM IPB. Selain itu pada pasal 7 ini menghilangkan poin D dikarenakan tidak sesuai dengan tugas dan wewenang biro internal DPM FEM IPB. Pada pasal 8 (2) mengenai rapat pimpinan DPM FEM IPB ditambahkan poin baru sehingga tidak bias dalam redaksinya. Hal yang menjadi landasan dalam tata kerja ini adalah amandemen UUD KM IPB 2011, GBHO KM IPB, dan AD/ART FEM IPB. Perubahan redaksi pada pasal 5 (2) poin b mengenai wewenang DPM FEM IPB menjadi “Mengatur pelaksanaan memorandum.” Perubahan redaksi juga diusulkan pada pasal 12 (1) mengenai status keanggotan DPM FEM IPB dan pada pasal 17 (2) mengenai pengawasan keuangan.

Agenda sidang berikutnya adalah pembahasan SPPK LK FEM IPB. Pansus pada produk hukum ini adalah Fathan, Isti, Fansa, Restu, Heti, dan Vani. Pada SPPK untuk tahun ini tidak ada revisi dari tahun lalu namun ada penambahan pada penilaian kuantitatif. Namun, dikarenakan jumlah mahasiswa umum yang hadir dan dianggap penting untuk mengetahui hasil SPPK ini sedikit, maka Sidang Istimewa akan diskorsing dan dilanjutkan kembali pada minggu pertama perkuliahan.

 

Keterangan :

AD/ART = Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga

GBHK = Garis-garis Besar Haluan Kerja

SPPK = Standar Penilaian Program Kerja

Pansus = Panitia Khusus

IMG-20150113-WA0002

 – DEWAN SUPREMASI –

 

Share