PRESS RELEASE LOKAKARYA FEM IPB

CIMG4561

Sabtu – Minggu, 14 – 15 Maret 2015 DPM FEM bekerja sama dengan DPM KM IPB mengadakan Lokakarya Lembaga Kemahasiswaan IPB 2015. Kegiatan ini dibuka pada Sabtu (14/03/2015) di Auditorium JHH Fakultas Peternakan. Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama tersebut meliputi sambutan Ketua DPM KM dan perwakilan Ditmawa, presentasi oleh Presiden Mahasiswa 2012-2013, sosialisasi produk hukum terbaru DPM-MPM KM yakni TP3U3 serta amandemen GBHO, presentasi program kegiatan lembaga eksekutif KM IPB dalam mempersiapkan diri menghadapi MEA 2015 serta diakhiri dengan pembagian dana kemahasiswaan LK KM IPB periode 2014-2015.

Hari kedua Lokakarya KM IPB 2015 dikhususkan bagi Lokakarya masing-masing wilayah. Setiap LK yang berada pada tataran fakultas diberikan ruangan untuk membahas segala sesuatu yang ada di fakultasnya masing-masing.  Lemabaga Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (LK FEM) juga turut serta dalam Lokakarya hari kedua ini. Lokakarya wilayah FEM diadakan di ruang kuliah C9 – C10 Fakultas Peternakan. Lokakarya FEM 2015 ini memang berbeda dari Lokakarya FEM yang telah diadakan sebelumnya. Hal ini didasarkan kepada kesepakatan bersama anggota DPM FEM 2014-2015 yang ingin mengembalikan makna dan tujuan Lokakarya sebagaimana mestinya. Sebagaimana pengertian lokakarya yakni pertemuan orang-orang yang ahli, sehingga DPM FEM memutuskan untuk mengadakan Lokakarya FEM 2015 hanya bagi pengurus LK FEM 2014-2015 saja dan kegiatan ini tidak dibuka untuk mahasiswa aktif FEM lainnya.

Lokakarya LK FEM 2015 ini diadakan dengan tiga pokok bahasan utama, yakni administrasi dan keuangan LK FEM, pembahasan aspirasi, dan pemecahan masalah LK FEM IPB.  Dalam pembahasan administrasi dan keuangan DPM kembali menekankan perihal alur koordinasi antar LK. Dimana DPM berkoordinasi dan mengawasi langsung BEM dan LS, sedangkan DPM dan Himpro hanya melakukan koordinasi administrasi sedangkan pengawasannya ditekankan kepada BP Himpro. Dalam hal keuangan, terjadi peningkatan dalam jumlah pendapatan dana BOPTN LK FEM tahun ini secara agregat. Namun dalam pembagiannya untuk setiap LK terdapat penurunan pada penerimaan beberapa LK. Hal ini dipengaruhi oleh adanya Himpro baru di LK FEM IPB dan juga adanya perubahan jumlah program kerja serta jumlah mahasiswa aktif. Dalam hal jumlah mahasiswa aktif, HIPMA dan COM@ memiliki jumlahh mahasiswa aktif yang lebih besar, mengingat kedua Himpro ini bukan hanya menaungi mahasiswa program sarjana saja, namun juga menaungi mahasiswa agribisnis dan manajemen program ekstensi.

Dalam pembahasan aspirasi yang telah ditampung DPM FEM dalam Pelantikan Bersama Pengurus Lembaga Kemahasiswaan FEM 2015 yang lalu, masing-masing ketua LK atau yang mewakili diminta maju dan menyampaikan tanggapan serta bentuk kerja nyata yang akan dilakukan oleh LK/LS FEM dalam menerima aspirasi yang ada. Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan masalah yang sedang dihadapi LK/LS. Diakhir acara ketua LK/LS FEM menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) sebagai bentuk komitmen bersama dalam melaksanakan kesepakatan dan apa yang sudah dibicarakan dalam lokakarya kali ini.

CIMG4565 CIMG4567 CIMG4568 CIMG4569 CIMG4570

IMG-20150316-WA0001 IMG-20150316-WA0002

LAMPIRAN Memorandum of Understanding

Administrasi dan Keuangan

Menyepakati dana untuk masing-masing Lembaga Kemahasiswaan FEM IPB 2014-2015 sebagai berikut:

No Lembaga Kemahasiswaan Total Dana (Rp)
1. DPM FEM IPB 5.000.000,00
2. BEM FEM IPB 33.371.500,00
3. HIPOTESA 5.518.100,00
4. COM@ 9.099.600,00
5. HIPMA 9.425.900,00
6. REESA 5.119.600,00
7. SES-C 4.864.300,00

Optimalisasi kegiatan COM@ dan HIPMA bersama mahasiswa aktif FEM IPB program Ekstensi.

Tindak Lanjut Aspirasi

  • Sinergisitas LK/LS FEM IPB
  • Optimalisasi fungsi forum Ketua LK/LS FEM IPB
  • Adanya Forum Kastad (Forkas) FEM IPB

 Solusi Permasalahan Lembaga Kemahasiswaan FEM

  • Perbaikan sistem informasi antar LK/LS
  • Adanya SOP terkait informasi dan komunikasi

-DEWAN SUPREMASI-

Share